Jumat, 22 November 2013

Pelajaran IPA SD


ADAPTASI  MAKHLUK HIDUP


1. Pengertian

     Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan. Dari pengertian adaptasi tersebut, ada tiga macam bentuk adaptasi,yaitu:
a.  Adaptasi fisiologi
      b. Adaptasi tingkah laku
      c. Adaptasi morfologi

     Adaptasi terlihat dari adanya perubahan bentuk luar atau dalam suatu makhluk hidup sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat hidupnya. Perubahan ini bersifat tetap dan khas untuk setiap jenis sehingga bisa diwariskan kepada keturunannya.
      2. Jenis-jenis Adaptasi      

a.   Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.

b.      Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adaptasi tingkah laku dapat berupa hasil belajar maupun insting/naluri sejak lahir.

c.       Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar.

    Adik-adik belajar ilmu pengetahuan alam itu sangat menyenangkan loh, kita bisa mengenal jenis-jenis binatang dan tumbuhan yang beraneka ragam. Untuk itu, adik-adik harus bisa mengenal dan mengamati jenis binatang dan tumbuhan yang hidup dihabitatnya masing-masing. Semoga adik-adik bisa memahami materi yang diatas mengenai habibat makhluk hidup. Bagi adik-adik yang ingin menjawab soal-soal terkait dengan materi diatas silahkan download disini

Tidak ada komentar: